TOKOH PERS NASIONAL “NAJWA SHIHAB”

Najwa Shihab adalah wanita professional di bidang jurnalistik Indonesia. Ia lahir di Makasar tepat pada tanggal 16 september 1977. Nana adalah panggilan akrab yang sering digunakan oleh teman – temannya untuk memanggil Najwa Shihab. Ia putri kedua dari tokoh muslim terkenal di Indonesia yaitu Prof. Dr. Quraish Shihab dan ibunya bernama Fatmawati. Najwa menikah dengan seoran lelaki bernama Ibrahim Assegaf dan dikarunai seorang anak yang bernama Izzat. Nama wanita satu ini sangat dikenal di masyarakat sebagai seorang presenter atau pembawa acara di salah satu stasiun televisi yaitu Metro TV, dengan acara Mata Najwa. Mata Najwa adalah sebuah acara Talk Show yang disiarkan di Metro TV.Acara ini umumnya akan menginterview tokoh – tokoh politik Indonesia, bahkan presiden pun diundang sebagai narasumber di acara talk show Mata Najwa tersebut. Sebagai contoh presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dulu pernah menjabat sebagai presiden RI menjadi presiden yang diwawancarai pertama sekali di Mata Najwa tepat setelah pelantikan presiden

Mengenai pendidikan, ketika di sekolah Menengah Atas (SMA), Najwa terpilih sebagai siswa yang berangkat ke Amerika selama satu tahun dalam program bernama AFS yang dikelolah oleh Yayasan Bima Antarbudaya. Kemudian ketika memasuki perguruan tinggi, najwa kuliah di Universitas Indonesia dan mengambil jurusan Ilmu Hukum dan menjadi alumi pada tahun 2000.

Setelah lulus dari universitas sebagai sajrana hukum, najwa pun melanjutkan pendidikan S-2 di RMIT University, Melbourne, Australia. Siap untuk berkarir di bidang hukum atau bidang lega; sesuai dengan jurusannya. Namun, najwa tidak mengikuti jalur jurusan yang sudah diambilnya ketika kuliah, ia lebih memilih terjun  didunia jurnalistik ketimbang seorang pengacara. Ia kemudian bergabung dengan Metro TV salah satu stasium televesi Indonesia untuk mengasah kemampuannya dibidang jurnalistik. Ia menjadi pembawa acara jalanan atau reporter berita yang biasa menyampaikan berita langsung di tempat kejadian perkara. Pada tahun 2005 dia mendapatkan sebuah penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat dalam hal laporan – laporannya ketika menjadi repoter bencana Tsunami di Aceh dimana ia merupakan repoter pertama yang berhasil melaporkan kondidi setelah tsunami menerjang Aceh, dari laporannya tersebut dapat nilai memberi andil yang sangat berarti dalam hal kepedulian dan juga rasa empati masyarakat luas terhadap tragedi tsunami tersebut yang banyak memakan korban jiwa.

 

Tahun 2006 Najwa terpilih sebagai jurnalis terbaik Metro tv, dan masuk nominasi pembaca berita terbaik Panasonic Awards. Pada tahun yang sama, bersama sejumlah wartawan dari berbagai Negara. Najwa terpilih menjadi peserta senior journalist  seminar yang berlangsung di sejumlah kota di Amerika Serikat, dan menjadi pembicara pada Konvensi Asian American Journalist Association.

Tahun 2007 pengakuan terhadap profesionalisme Najwa tidak hanya dating dari dalam negeri, tetapi juga dari manca Negara. Terbukti, selain ia kembali masuk lagi ke dalam nominasi pembaca berita terbaik Panasonic Awards. Ia juga masuk nominasi 5 besar ajang yang lebih bergengsi di tingkat Asia, yaitu Asian Television Awards untuk kategori Best Current Affairs atau Talkshow presenter. Pengumuman pemenang dilangsungkan bulan November 2007di Singapura. Salah satu acara yang dipandu Najwa Shihab dan cukup membekas di benak public, yaitu debat kandidat Gubernur DKI Jakarta. Debat ini yang mempertemukan pasangan Fauzi Bowo Priyanto dan Adang Daradjatun- Dani Anwar itu diselenggarakan oleh KPUD DKI Jakarta, disiarkan langsung oleh Metro TV dan Jak TV. Najwa pun terpilih menjadi pemandu debat menyisihkan sejumlah pembawa acara yang diseleksi KPUD DKI Jakarta.

Kendati Najwa telah memutuskan untuk total di dunia jurnalistik dan TV broadcast. Najwa terus menerus berupaya untuk memperkuat dan memperkaya wawasan keilmuannya. Awal 2008 Najwa pergi ke Australia sebagai peraih Full Scholarship for Australian Leadership Awards. Ia juga akan mendalami hukum media. Tahun 2010, kembali Najwa Shihab masuk sebagai nominasi Presenter Berita Terbaik Panasonic Awards. Walaupun pada akhirnya Putra Nababan lah sebagai pemenangnya.

Najwa memang adalah sosok wanita pekerja keras dan cerdas yang selalu mengutamakan profesionalitas dalam setiap pekerjaan yang dikerjakannya, terlihat dari prestasi nya dan passionnya di bidang jurnalistik membuat Najwa menjadi semakin lihai di bidang yang dicintai nya tersebut. Banyak hal yang dapat di contoh dan diambil dari seorang Najwa Shihab yang mempunyai semangat yang tinggi dalam mencapai cita – citanya.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Najwa_Shihab

http://bio.or.id/biografi-najwa-shihab/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s